STUDI KASUS  (Teori dan Praktek) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

STUDI KASUS (Teori dan Praktek) Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

SINOPSIS

Dalam pembelajaran keterampilan berbahasa, mencakup keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca. Kegiatan berbahasa yang pertama kali dilakukan adalah kegiatan menyimak atau mendengar apa yang dituturkan orang lain. Keterampilan menyimak bertujuan  untuk  menangkap  dan  memahami  pesan,  ide  serta  gagasan  yang terdapat pada materi atau bahasa simakan. Semakin tinggi tingkat penguasaan bahasa seseorang, semakin tinggi pula penggunaan bahasa dalam berkomunikasi. Oleh karena itu, keterampilan menyimak perlu mendapat perhatian yang memadai. Buku ini membahas tentang teori dan praktik pembelajaran menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Praktik berupa studi kasus yang merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati dalam hal ini pelaku adalah guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Dalam penelitian studi kasus, data dikumpulkan dengan teknik observasi yang terdiri dari diteksualisasi, dimultikolomkan, disegmentasi, ditematisasi, diproposisionalisasi, dan direduksi. Teknik wawancara, dan kajian dokumen. Selanjutnya data akan diurai, diulas atau ditafsirkan, dirangkum, disimpulkan dan disarankan.

STUDI KASUS

(Teori dan Praktek)

Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

 

Diterbitkan pertama kali oleh CV Amerta Media

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang All Rights Reserved

Hak penerbitan pada Penerbit Amerta Media

Dilarang mengutip atau memperbayak sebagian atau seluruh isi buku ini

tanpa seizin tertulis dari Penerbit

 

Anggota IKAPI

Cetakan Pertama :

15 cm x 23cm

 

ISBN: 978-623-6555-17-0

 

Penulis :

Valentinus Ola Beding

 

Editor :

Aan Herdiana, M.Sos

 

Desain Cover :

Adji Azizurrachman

 

Tata Letak :

Hana Anindyasari

 

Diterbitkan Oleh :

CV. Amerta Media

 

NIB. 0220002381476

NP. 202003-1708-4520-1345-639

 

Email : mediaamerta@gmail.com

Website: www.penerbitbuku.id

Whatsapp : 081-356-3333-24

 

 

Isi di luar tanggung jawab penerbit Amerta Media

 

KATA PENGANTAR PENULIS

 

 

Dalam pembelajaran keterampilan berbahasa, mencakup keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca. Kegiatan berbahasa yang pertama kali dilakukan adalah kegiatan menyimak atau mende-ngar apa yang dituturkan orang lain. Keterampilan menyimak bertujuan  untuk  menangkap  dan  memahami  pesan,  ide  ser-ta  gagasan  yang terdapat pada materi atau bahasa simakan. Se-makin tinggi tingkat penguasaan bahasa seseorang, semakin ti-nggi pula penggunaan bahasa dalam berkomunikasi. Oleh ka-rena itu, keterampilan menyimak perlu mendapat perhatian yang memadai. Buku ini membahas tentang teori dan praktik pembelajaran menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Praktik berupa studi kasus yang merupakan prosedur pe-nelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang – orang dan pelaku yang dapat diamati dalam hal ini pelaku adalah guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Dalam penelitian studi kasus, data dikumpulkan dengan teknik observasi yang terdiri dari diteksu-alisasi, dimultikolomkan, disegmentasi, ditematisasi, diproposi-sionalisasi, dan direduksi. Teknik wawancara, dan kajian doku-men. Selanjutnya data akan diurai, diulas atau ditafsirkan, dira-ngkum, disimpulkan dan disarankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *