PEMBELAJARAN TANDUR BERMUATAN PERUBAHAN KONSEPTUAL DAN GAYA BELAJAR

PEMBELAJARAN TANDUR BERMUATAN PERUBAHAN KONSEPTUAL DAN GAYA BELAJAR

Kajian Teoretis dan Empiris serta Dampaknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Sains di Sekolah Dasar

 

SINOPSIS

Analisis pengaruh model pembelajaran dan gaya belajar terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah sains. Pertama, pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah secara bersama-sama menunjukkan perbedaan signifikan antar tingkatan inteligensi siswa. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep antara kelompok model pembelajaran tandur bermuatan perubahan konseptual dan kelompok model pembelajaran konvensional. Ketiga, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep antar kelompok gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Keempat, dalam pencapaian pemahaman konsep model pembelajaran dan gaya belajar tidak berinteraksi secara signifikan. Kelima, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok model pembelajaran tandur bermuatan perubahan konseptual dan kelompok model pembelajaran konvensional. Keenam, tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah antar kelompok gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Ketujuh, dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran dan gaya belajar tidak berinteraksi secara signifikan. Kedelapan, profil interaksi menunjukkan dalam pencapaian pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah, interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar didominasi oleh model pembelajaran tandur bermuatan perubahan konseptual, baik tanpa memperhitungkan maupun dengan memperhitungkan pengaruh kovariat intelegensi.

NASKAH I GEDE ASTAWAN WEB

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *