OPTIMALISASI MANAJEMENT PATIENT SAFETY

OPTIMALISASI MANAJEMENT PATIENT SAFETY

OPTIMALISASI MANAJEMENT PATIENT SAFETY WEB

 

SINOPSIS

Rumah sakit merupakan salah satu tempat yang memberikan pelayanan kesehatan pada pasien, dengan berbagai macam jenis tenaga kesehatan disntaranya adalah perawat dan dokter. Tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit bertanggung jawab dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dalam pengelolaan manajemen resiko keselamatan pasien di rumah sakit. Pada saat ini setiap rumah sakit diwajibkan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang salah satunya adalah melalui sasaran keselamatan pasien. 

Sasaran keselamatan pasien yang dimaksud dalam akreditasi rumah sakit adalah Sasaran Keselamatan Pasien (SSP), yang terdiri dari; sasaran I adalah ketepatan identifikasi pasien. Sasaran II adalah Peningkatan komunikasi yang efektif. Sasaran III adalah Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai. Sasaran IV adalah Kepastian tepat lokasi, tepat prosedur, dan tepat pasien operasi. Sasaran IV adalah Pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan. Sasaran VI adalah pengurangan risiko pasien jatuh keselamatan pasien perlu dibudayakan, bahwa budaya keselamatan pasien yang perlu dikembangkan adalah melalui pengembangan pengkajian yang meliputi senior management visibility dan komitmen keselamatan, komunikasi diantara manajer dan staf, sikap untuk melaporkan kejadian, kesalahan dan punishment. Program keselamatan pasien perlu di budidayakan di rumah sakit.

Berangkat dari pengkajian yang telah penulis lakukan, didapatkan hasil bahwa pelaksanaan enam sasaran patient safety di ruang rawat inap belum optimal terutama pada sasaran peningkatan komunikasi efektif dan pengurangan resiko infeksi terkait pelayanan kesehatan hal ini karena belum adanya modul untuk komunikasi SBAR, serta kurangnya kepatuhan petugas terkait pelaksanaan hand hygiene, belum adanya pelatihan tentang patient safety di Rumah sakit, yang di lakukan hanya terkait sosialisasi saja. Supervisi yang dilakukan kepala ruang sudah di lakukan tetapi belum nampak optimal. 

Buku yang ada dihadapan pembaca ini, hadir untuk menjawab serangkaian fenomena diatas. Penulis bermaksud menghadirkan solusi atas “belum optimalnya implementasi enam sasaran keselamatan pasien atau patient safety perawat pelaksana dan peran kepala ruang, dalam memotivasi perawat pelaksana dalam mengoptimalkan keterlaksanaan enam sasaran patient safety di ruangan. Harapan penulis, buku ini dapat menjadi salah satu referensi penting bagi perawat dan rumah sakit, dalam rangka meningkatkan kualitas mutu peyanan, pada khususnya. Sekaligus, dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan khasanah keilmuan manajemen keperawatan, serta mampu memberikan informasi ilmiah bagi kalangan akademisi baik tim pengajar, mahasiswa keperawatan, dan semua pemerhati ilmu kesehatan, pada umumnya dalam rangka pengembangan studi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *