MENGUNGKAP KESULITAN BELAJAR SISWA

MENGUNGKAP KESULITAN BELAJAR SISWA

MENGUNGKAP KESULITAN BELAJAR SISWA

 

SINOPSIS

Pendidikan merupakan usaha sadar, yang bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia. Bagi dunia pendidikan, diharuskan agar selalu melakukan berbagai upaya penyesuaian untuk mampu menyiapkan peserta didik yang berbudi luhur, siap bersaing dan mampu menghadapi berbagai tantangan kehidupan yang kompleks. Pendidikan manusia dapat mengarahkan perkembangan fisik, mental, emosional, sosial, dan etikanya menuju ke arah yang lebih baik dan menuju ke arah kematangan dan kedewasaan. Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal, merupakan tempat kegiatan belajar mengajar berlansung. Tempat inilah dimana ilmu pengetahuan diajarkan dan dikembangkan kepada anak didik. Para guru dan siswa terlibat secara interaktif dalam proses pendidikan.

Maka disini, tema belajar merupakan pembahasan yang sentral. Belajar tak lain ialah, proses dari perkembangan hidup manusia. Karena itu, belajar secara aktif dan integratif dengan menggunakan berbagai bentuk perbuatan untuk mencapai suatu tujuan. Namun pada kenyataan yang terjadi dilapangan, hasil belajar tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan. Aktivitas belajar siswa tidak senantiasa berhasil, sebab seringkali ada hal-hal yang mengakibatkan timbulnya kegagalan atau kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Ada banyak hambatan-hambatan untuk mencapai tujuan belajar yang sering kita jumpai dalam aktivitas sehari-hari yang disebut kesulitan belajar. Kesulitan belajar adalah suatu kondisi di mana anak didik tidak dapat belajar secara wajar, disebabkan adanya ancaman, hambatan ataupun gangguan dalam belajar.

Buku yang hadir ke hadapan pembaca, berusaha menjawab problem yang hampir dialami oleh dunia pendidikan, yakni kesulitan belajar. Pada dasarnya, buku ini merupakan karya ilmiah penulis ketika menempuh studi. Demi keluasan manfaat, maka perlu untuk penulis jadikan buku. Harapannya, buku ini dapat memperkaya khasanah ilmu pendidikan, menjadi salah satu referensi penting bagi semua pemerhati pendidikan, serta yang paling penting dapat kemudian di diimplementasikan oleh para praktisi pendidikan. Selamat membaca!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *