Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat harus diimbangi dengan perkembangan mutu pembelajaran pada dunia pendidikan. Mutu pembelajaran menjadi rendah ketika pendidik hanya terpaku pada bahan ajar yang konvensional tanpa adanya kreativitas untuk mengembangkan bahan ajar tersebut secara inovatif (Prastowo, 2014:19). Dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003, pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Kemendikbud telah melakukan program pencanangan pendidikan karakter secara nasional pada tanggal 2 Mei 2010. Pada prinsipnya, pengembangan budaya dan karakter bangsa tidak dimasukkan sebagai pokok bahasan tetapi terintegrasi ke dalam mata pelajaran, pengembangan diri, dan budaya sekolah (Puskur Balitbang, 2010). Dalam pengembangan pendidikan karakter, materi pembelajaran dipahami sebagai integrasi pesan atau alat, yaitu sebagai wahana pembudayaan dan pemberdayaan individu. Pendidikan harus diarahkan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam memperoleh pengetahuan dan bagaimana cara menggunakannya untuk memecahkan masalah kehidupan dengan arif, kreatif, dan bertanggung jawab (Kemendiknas, 2010).
Diterbitkan pertama kali oleh CV Amerta Media
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang All Rights Reserved
Hak penerbitan pada Penerbit Amerta Media
Dilarang mengutip atau memperbayak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa seizin tertulis dari Penerbit
Anggota IKAPI
Cetakan Pertama: Mei 2020 15 cm x 23 cm
ISBN: 978-623-93687-3-9
Penulis :
H. Odik Sodikin, M. Pd.
Editor :
Aan Herdiana, M.Sos
Tegar Roli A., M.Sos
Desain Cover :
Adji Azizurrachman
Tata Letak :
M. Rifki Fathur Rizqi, S.Sos
Diterbitkan Oleh : CV. Amerta Media
NIB. 0220002381476
NP. 202003-1708-4520-1345-639
Email : mediaamerta@gmail.com
Website: www.penerbitbuku.id
Whatsapp : 081-356-3333-24