TYPHOID ABDOMINALIS   (PENYEBAB DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENULARANNYA)

TYPHOID ABDOMINALIS (PENYEBAB DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENULARANNYA)

TYPHOID ABDOMINALIS (PENYEBAB DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENULARANNYA)

Sinopsis

Data dari WHO (World Health Organisation) tahun 2017 memperkirakan bahwa 11-20 juta orang jatuh sakit akibat penyakit typhoid abdominalis. Selain itu, antara 128.000 hingga 161.000 orang meninggal setiap tahunnya karena penyakit tersebut. Typhoid abdominalis adalah penyakit infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C. 

Penularan penyakit tersebut dapat terjadi melalui berbagai cara, yang dikenal dengan 5F yaitu (food, finger, fomitus, fly, feces) feces dan muntahan (fomitus) dari penderita typhoid abdominalis. Bahkan seseorang mampu menjadi pembawa penyakit tersebut, tanpa menunjukkan tanda gejala tetapi mampu menularkan ke orang lain. 

Buku ini akan memberikan pemahaman kepada pembaca mengenai penyakit typhoid abdominanalis dan faktor yang mempengaruhi penularan penyakit tersebut. Selain itu, akan dijelaskan juga mengenai hasil penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi penularan penyakit typhoid abdominalis di salah satu klinik, yang ada di Kabupaten Jayapura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *