STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ORGANISASI

STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ORGANISASI

STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ORGANISASI

SINOPSIS

Komunikasi adalah arus yang telah mengalir sepanjang sejarah manusia, yang selalu memperluas wawasan seseorang dengan jalur-jalur informasinya. Ini artinya, komunikasi sebagai suatu proses sosial yang sangat mendasar dan vital dalam kehidupan manusia. Komunikasi adalah proses penyampaian gagasan, harapan, pesan yang disampaikan melalui lambang tertentu yang mengandung arti dilakukan oleh penyampai pesan (source, communicator, sender) ditujukan pada penerima pesan (receiver, atau audience) dengan maksud mencapai kebersamaan (commonness).

Komunikasi yang efektif dianggap sangat penting, tidak hanya untuk manusia itu sendiri tapi juga untuk sebuah organisasi. Komunikasi menjadi bagian terpenting dan bahkan sering dibahas. Dalam kenyataannya masalah komunikasi selalu muncul dalam proses organisasi, oleh sebab itu komunikasi dalam organisasi menjadi sistem aliran yang menghubungkan dan membangkitkan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga dapat menghasilkan sinergi. Untuk itu, berdasarkan manfaat yang telah didapatkan oleh sebuah organisasi maka komunikasi secara umum harus juga dipandang sebagai struktur organisasi. 

Syahdan, buku yang ada dihadapan pembaca ini, merupakan wujud dari kesadaran penulis akan pentingnya penggunaan strategi komunikasi dalam organisasi, khususnya dalam wilayah lembaga formal pendidikan tinggi. Setidaknya, ada poin kunci yang akan penulis kupas, yakni; bagaimana strategi komunikasi pimpinan dalam suatu organisasi dalam mengimplementasikan sebuah kebijakan, serta apa saja yang kemudian dapat menghambatnya. Penulis berharap, dengan hadirnya buku ini, dapat memberikan sumbangsih pengayaan referensi atas wacana ilmu komunikasi pada umumnya, sekaligus mampu menjadi salah satu rujukan penting, bagi lembaga ataupun organisasi yang berkepentingan dalam kaitannya mengkomunikasikan kebijakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *